Fak Fak Jadikan Kampung Basis Pendorong Percepatan Pembangunan

JAKARTA – Kabupaten Fak Fak, Provinsi Papua Barat menjadikan kampung sebagai basis untuk mendorong proses percepatan pembangunan nasional. Caranya, membuat kebijakan Gerbang Kaca atau Gerakan Pembangunan Masyarakat Bercahaya.

“Kita di sana ada yang disebut Gerbang Kaca, Gerakan Pembangunan Masyarakat Bercahaya,” ujar Bupati Fak Fak Mohammad Uswanas dalam acara Indonesia Visionary Leader Jilid II di Gedung SINDO, Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Adapun moto dari Gerbang Kaca itu, kata dia, adalah mengembalikan orang kampung ke kampung. Salah satu fungsi dari inovasi Uswanas itu untuk memberdayakan masyarakat kampung.

“Kedua, menciptakan interkoneksitas antar kampung dengan kampung, kampung dengan kecamatan,” paparnya. Lalu, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Kita harus jadikan kampung sebagai basis untuk mendorong proses percepatan pembangunan nasional,” ungkapnya. Saat ini, kebijakan itu sudah memasuki tahun kedua.

“Tahun lalu 35 kampung. Sekarang kita 30 kampung dengan asumsi 149 kampung bisa selesai,” ujarnya. Berbagai hal, kata dia, dibangun di kampung.

“Diberi porsi kampung mengurus apa, dinas ngurus apa, tapi kita dorong kampung. Konsentrasi kita ke masyarakat kampung, mereka jangan jadi objek, jadi subjek lah,” tuturnya.

Sumber : Sindo News.com

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *